05 Juli, 2007

HARI ANTI NARKOBA

HARI MADAT SEDUNIA

Sejak jaman dahulu yang namanya narkoba susahnya minta ampun untuk menghilangkannya. Apapun bentuk dan namanya tetap sulit memberantasnya. Bukan hanya oleh perorangan, kelompok masyarakat, pemerintah bahkan aparat penegak hukum juga kewalahan dengan masalah ini. Memang barang ajaib narkoba ini. Ada aja yang senang membawa, memakai dan menjualnya.
Bandarnya ato penjualnya ato BD orang nyebut (kalo menurutku sih BD = bodoh, Benar-benar Dodol, Boss Dungu, Butuh Duit hehehe kalo ini sih aku juga perlu )gak sembarang orang juga. Mereka gak sedikit uangnya, pengetahuannya dan kebaikannya. Malah ada yang jadi BD orangnya senang bagi-bagi uang untuk orang kurang mampu. Aneh memang. Mungkin semua itu dilakukan untuk nutupin perbuatan mereka yang nggak bener.

Dulu lagi aku punya temen yang suka ngonsumsi narkoba . Ojeg kami memanggilnya. Dia sebenarnya anak baik cuma karena salah gaul (padahal dulu tu gak ada istilah gaul yach) jadi gitu deh, ngikutin yang gak bener. Hari-hari gak ada waktu yang terbuang untuk aktivitas yang bermanfaat olehnya selain dengan konsumsi barang haram itu. Pokoknya semua tentang pil gedhek. Pernah satu siang dia habis num pil Koplo jenis baru (saat itu udah keren kali) tapi aku gak tau apa namanya. Dia mulai Fly ...lucu liatnya. Apa yang dilakukan membuat orang sekitar jadi ketawa-ketiwi. Masak liat batu sebesar kepalan tangan kita dia teriak ” awas enek watu sak gunung ceblok ati-ati, ngko ketiban ndasmu pecah, nek sing ketiban aku ora popo ( awas ada batu sebesar gunung jatuh, hati-hati ntar njatuhin kepalamu bisa hancur. Kalo yang kena kepalaku nggak papa). Wekekekeks kalo ingat itu ktawa sendiri neh jadinya. Pernah pas lewat di parit depan rumah (yang ada jalannya lebar juga) dia bilang ” ati-ati nek ngloncat...kaline jeru tur ombo lho. Banyu ne deres, cepot wae klambine penak nek ngintir karo nggowo debog” ( hati-hati kalo loncat sungainya dalam dan lebar. Arusnya deras, lepas aja bajunya, lebih mudah kita ikut arus aja ama pakae batang pisang). Hahahahhahaha pokoknya kelakuannya aneh dan lucu sekali kalo lagi on. Wong kayak orang gak waras gitu dibilang modern ....apane sing modern. Gendeng Model Baru kali hehehehehehe.
Alhamdulillah sekarang dia udah sadar atas apa yang dilakukannya dulu. Kini dia udah kerja di Malaysia dan bisa bikin orang tuanya senang. Aku kehilangan kontak dengannya sejak dia berangkat ke Malaysia itu. Sampai sekarang aku nggak tau gimana kabarnya. Semoga dia tetap menjadi seperti sekarang, jadi orang yang mempunyai manfaat untuk orang lain.
Hari madat sedunia, semoga orang-orang tahu dan ingat bahaya narkoba. Narkoba bisa bikin orang kaya tapi tak bahagia, bikin orang senang tapi nyusahin orang laen. Bikin lepas dari masalah namun nambah masalah baru, bikin pemakainya gak punya manfaat. Wis pokoke nyusahin diri sendiri dan orang lain deh.

Tonick@270607

0 Komentar: